Perkembangan Jaringan Dengan Generation Ke- 4

Pada zaman modern seperti saat ini, keberadaan internet menjadi hal yang sangat penting. Hampir seluruh kegiatan manusia dibantu oleh internet. Hal tersebut dapat terlihat dari kegiatan manusia dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kesenangan, dan lain-lain. Kebutuhan akan koneksi internet memang sangat diperlukan, terutama apabila didukung dengan jaringan yang stabil dan koneksi yang cepat. 


Dari tahun ke tahun, pengguna koneksi internet cepat di Indonesia terus bertambah dan menunjukkan hasil yang signifikan bahwa pada masa yang akan datang pengguna internet di Indonesia akan semakin banyak. Besar kemungkinan bahwa seluruh manusia akan memiliki sifat ketergantungan pada internet. Penggunaan internet di masyarakat umumnya dibutuhkan karena melalui internet dapat menambah pengetahuan serta memenuhi seluruh kebutuhan dengan seluruh informasi di google yang dapat di manfaatkan.

Pada saat ini terkenal internet 4G yang menawarkan kestabilan jaringan dan koneksi yang ceoat. Tentunya hal tersebut sangat diburu oleh masyarakat pengguna internet. 4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris ”fourth generation technology”. Istilah tersebut pada umumnya digunakan pada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik. Hal tersebut ditunjukkan pada penggunaa 4G di telepon seluler dan laptop yang menggunakan modem USB. Di Indonesia, WIMAX diluncurkan pertama kali oleh PT. FirstMedia dengan merk dagang Sitra WIMAX sejak Juni 2010. Selanjutnya teknologi LTE diluncurkan pertama kali oleh PT. Intermux dengan merk dagang Bolt Super 4G LTE. Peluncurannya dilakukan pada 14 November 2013.

Berbagai provider HP menggunakan teknologi 4G untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya, sehingga dikenal Smartfren 4G LTE, Indosat Super 4G LTE, XL Hotrod 4G LTE,Bolt Super 4G LTE, Telkomsel 4G LTE, dan lain-lain. Produsen melakukan hal tersebut semata-mata untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Berbagai provider HP pun berlomba-lomba memberikan biaya yang lebih murah satu dengan yang lainnya untuk meningkatkan minat konsumen. Dengan demikian, internet 4G ini merupakan teknologi terbaru yang dapat digunakan di laptop maupun HP guna memberikan kemudahan dalam pengaksesan data.