Makna Makara Universitas Indonesia


Makna Makara Universitas Indonesia
Pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi setiap manusia. Kegiatan pendidikan ini dilakukan sedari manusia berada di dalam kandungan sampai manusia tersebut berada masuk ke liang lahat. Bahkan mengenai pendidikan ini diatur tersendiri dalam kitab suci setiap agama serta UUD 1945. ”Mencerdaskan kehidupan bangsa” dalam pembukaan UU merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Oleh karena pentingnya pendidikan, membuat berbagai pihak merasa penting untuk menyelenggarakan pendidikan baik formal maupun nonformal. 

Tidak hanya itu berkenaan dengan pendidikan tersebut pun membuat banyak pihak merasa harus untuk mendirikan berbagai lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri, mulai dari lembaga pendidikan bawah, menengah, atas, dan tinggi. Salah satunya saja adalah universitas sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang menjadi tujuan siswa lulusan SMA. Salah satu universitas yang paling banyak diminati adalah Universitas Indonesia atau UI. UI pun menjadi salah satu universitas terbaik Jakarta.

UI memiliki lambang tersendiri yang membedakannya dengan lambang universitas lainnya. di dalam bagian – bagian lambang tersebut terdapat makara. Makara yang mengalirkan air. Di dalamnya melambangkan hasil yang memancar ke segala penjuru. Lambang ini dibuat oleh Sumaxtono. Makna lambang tersebut adalah sebagai sumber ilmu pengetahuan yang akan menghasilkan sarjana – sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, dan berkepribadian, serta bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu serta teknologi. Hal tersebut pun melambangkan masalah – masalah yang dihadapi masyarakat dam mampu menyelesaikannya sesuai dengan kaidah – kaidah akademik.

Dengan demikian, universitas yang paling banyak diminati adalah Universitas Indonesia atau UI. UI pun menjadi salah satu universitas terbaik Jakarta. Salah satunya saja adalah universitas sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang menjadi tujuan siswa lulusan SMA. UI memiliki lambang tersendiri yang membedakannya dengan lambang universitas lainnya. di dalam bagian – bagian lambang tersebut terdapat makara. Lambang ini dibuat oleh Sumaxtono. Makna lambang tersebut adalah sebagai sumber ilmu pengetahuan yang akan menghasilkan sarjana – sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, dan lain – lain.

0 komentar: