Tips Persiapan Studi Di Luar Negeri



Melanjutkan studi keluar negeri merupakan keinginan banyak orang, tidak terkecuali orang yang kurang mampu dari segi finansial. Meskipun begitu, banyak program beasiswa yang ditawarkan dari berbagai lembaga swasta maupun pemerintah yang bisa kita manfaatkan. Selain biaya kuliah yang sudah di tanggung dari pihak yang memberikan beasiswa, juga ditambah uang saku setiap bulan, biaya tempat tinggal sampai kebutuhan studi lainnya sudah 100% di tanggung, yang terpenting adalah kita bisa sepenuhnya memberikan yang terbaik dari prestasi yang harus dicapai setiap semester jangan sampai menurun. Prospek ke depannya juga untuk bekerja sudah diarahkan sesuai bidang yang kita miliki. Semua itu full dari pemberi beasiswa diberikan kepada kita. Semua orang pasti menginginkan hal tersebut, tapi ada beberapa syarat yang perlu di persiapkan pada saat menerima beasiswa sekolah ke luar negeri, berikut pemaparannya:
  1. Persiapkan fisik dan mental, pasti kondisi cuaca, budaya di Indonesia dan di luar negeri akan berbeda sekali, begitu juga dengan karakter sosial orang-orang di sana tidak seperti di negeri sendiri yang menjungjung keramah tamahannya. Kita harus kuat mental jika ingin berbaur dengan budaya mereka tanpa harus meninggalkan budaya asli negara sendiri.
  2. Kenali terlebih dahulu budaya, sosial, iklim di negara tersebut. Bisa jadi kita akan merasa tidak betah, itu hal yang wajar akan mengalami culture shock atau gegar budaya, kita akan mengalami sakit, perasaan tidak nyaman dan sebagainya pada saat di negara orang.
  3. Mempelajari bahasa, tidak hanya bahasa Inggris saja yang harus dipelajari, tapi bahasa setempat pun kita harus paham agar tidak terjadi kesalahan dalam berkomunikasi.
  4. Pastikan mengikuti kursus atau les bahasa Inggris dan memiliki sertifikat TOEFL, SAT, GRE atau IELTS dan sebagainya di lembaga pendidikan terdekat, pengetahuan tersebut sangat penting agar kamu bisa diterima studi di lembaga pendidikan di sana dan bahasa Inggris kamu tidak kaku lagi.

Sudah siapkan studi keluar negeri? Segera cari peluang beasiswa sekolah ke luar negeri untuk meraih cita-cita kamu di masa depan!.

0 komentar: