Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Bergizi


Bagi ibu hamil sudah pasti harus selalu menjaga kehamilannya dengan baik dan sehat, karena jika ibu hamil mengabaikan pola hidupnya yang kurang sehat akan berdampak buruk bagi janin yang dikandungnya. Konsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan mengenai kesehatan Anda pada saat hamil, terkadang kehamilan merasa baik-baik saja padahal terjadi gangguan, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui sejak dini masalah yang dihadapi saat kehamilan Anda. Tapi, Anda juga bisa menjaga kehamilan dengan melakukan hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang penuh gizi seimbang. Berikut daftar makanan untuk ibu hamil:
  1. Belut, banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil jangan mengonsumsi belut karena akan membuat licin pada saat bayi dilahirkan, itu hanyalah mitos. Belut sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung protein, fosfor, mineral dan lemak yang baik untuk janin.
  2. Ikan lele, pada ikan lele memiliki kolesterol rendah dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengonsumsi ikan lele, maka kolesterol baik akan meningkat, sangat baik untuk sistem saraf baik untuk janin ataupun ibu hamil, kaya protein dan mineral, fosfor yang cukup tinggi untk membantu pembentukan tulang pada janin, lemak yang baik untuk menambah energi bagi ibu hamil.
  3. Kepiting, makanan ini sangat bagus dikonsumsi karena mengandung protein tinggi dan bagus jika dikonsumsi oleh ibu hamil asal jangan berlebihan karena dapat meningkatkan kolesterol tinggi.
  4. Nasi merah, pada nasi merah terdapat sumber energi yang cukup baik untuk ibu hamil agar tidak cepat lemas, nasi merah juga rendah gula sehingga tidak perlu khawatir gula darah meningkat jika dibandingkan nasi putih kadar gula pada nasi putih memang sangat banyak.
  5. Sayuran krecek atau tumisan, sebaiknya untuk menumis lebih sehat menggunakan minyak wijen atau minyak zaitun agar lebih sehat dan lebih nikmat.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda coba, makan secukupnya agar tetap sehat dan hindari makan secara berlebihan karena itu tidak sehat.