3 Faktor Penyebab Seseorang Susah Buang Air Besar (BAB)

susah BAB


Aktivitas setiap hari yang sering dilakukan oleh setiap makhluk hidup yaitu mengeluarkan kotoran yang memang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh atau bisa di bilang sudah tidak memiliki sari – sari makanan yang sudah habis terserap. Sehingga sisa – sisa makanan inilah yang nantinya akan dikeluarkan dengan berupa tinja. 

Nah jenis tinja yang baik tentu tidak akan mengalami masalah apakah masalah tinjanya yang keras sehingga susah BAB ataupun tinja yang berupa cairan yang biasa di sebut mencret. Hal tersebut memang tergantung dari beberapa factor yang membuat tinja menjadi kurang baik.

Susah BAB atau buang air besar ini sering terjadi pada setiap orang khususnya anak – anak. Sehingga dalam hal ini peranan orang tua tentu sangat banyak sebab anak – anak tidak akan bisa menyiapkan makanan dan orang tua harus membuat makanan yang sehat sesuai dengan yang seharusnya.
Supaya menjadi pelajaran untuk setiap orang tua ada beberapa factor anak menjadi susah BAB diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Makanan dan minuman
    Jika anak susah untuk BAB maka factor utaman adalah makanan dan minuman yang di konsumsinya yang menjadi persoalaan dari mulai sering mengkonsumsi makanan padat, jarang sayur – sayuran atau buah – buahan dan yang lainnya. atau bisa saja kurang mengkonsumsi susu sehingga tekstur tinja menjadi keras. Namun tentunya pilih susu yang memiiki nutrisi komplek seperti susu dancow sehingga cairan pada tubuh tetap terjaga
  2. Factor tempat toilet
    Untuk factor yang kedua ini memang tidak terjadi pada semua orang atau dikarnakan tektur tinja yang keras sehingga jika ada yang susah BAB dikarnakan hal tempat maka tentu itu hanya ada pada kebiasaan orang tersebut atau anak. Dan ini harus dibiasakan agar bisa beradaptasi dengan lingkungan dimanapun anda berada.
  3. Kurangnya mengkonsusmi air putih
    Peran air putih ini agar tidak mengalami kekuarangan cairan dimanapun sehingga sudah seharusnya untuk mengkonsumsi air putih minimalnya adalah 8 – 10 gelas dalam sehari.


0 komentar: