Salah Satu Universitas di Indonesia Kembali Menjadi Universitas Terbaik Di Mata Dunia

Salah Satu Universitas di Indonesia Kembali Menjadi Universitas Terbaik Di Mata Dunia

Kita sebagai warga negara Indonesia memang patut berbangga dengan prestasi ini. Menurut QS World University Ranking, salah satu universitas di Indonesia kembali menjadi yang terbaik. Universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (UI).

Di tingkat Asia, Universitas Indonesia menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang masuk 100 besar. Dari 100 universitas di Asia, UI mendapat peringkat 79 dalam “Top 100 of the 2015 QS University Rankings fo Asia”. Sungguh hal ini sangat mengharumkan nama pendidikan di negara kita.

Salah Satu Universitas di Indonesia Kembali Menjadi Universitas Terbaik Di Mata Dunia
Salah Satu Universitas di Indonesia Kembali Menjadi Universitas Terbaik Di Mata Dunia

Ajang pemeringkatan universitas-universitas ini pertama kali diadakan oleh sebuah perusahaan asal Inggris. Perusahaan ini memang mengkhususkan diri bergerak di bidang pendidikan. Quacquarelli Symonds (QS) University Rankings for Asia pertama kali di lakukan pada tahun 2009.

Proses pemeringkatan di QS World memang dibuat khusus dengan menggunakan suatu bentuk metodologi inovasi pendidikan. Jadi metodologi yang digunakan didesain untuk dapat merefleksikan tantangan-tantangan regional. Selain itu juga, digunakan untuk merefleksikan prioritas yang sedang dihadapi oleh universitas di Indonesia.

Terpilihnya Universitas Indonesia sebagai salah satu peserta tidaklah mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dulu agar bisa masuk ke dalam 100 besar. Selanjutnya, dalam ajang QS University Rankings for Asia akan menetapkan enam indicator penilaian.

Enam indikator yang dijadikan sebagai penilaian yaitu ada reputasi akademik, reputasi pegawai, rasio mahasiswa untuk setiap fakultas. Ada juga indikator jumlah mahasiswa internasional dan pengajar internasional. Serta dilihat dari jumlah citation pada setiap fakultas yang ada sebuah universitas.

Jika dilihat dari semua prestasi yang sudah diraih oleh Universitas Indonesia, memang sudah selayaknya di UI dijadikan sebagai universitas terbaik. Mulai dari awal didirikan, Universitas Indonesia sudah berhasil meluluskan mahasiswa yang berprestasi.

Misalnya seperti Sri Mulyani yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan RI. Atau ada juga Ibu Megawati Soekarno Putri mantan presiden kita. Bahkan artis sekaliber Nicholas Saputra juga seorang alumnus dari Universitas Indonesia. Inilah yang menjadi bukti bahwa universitas di Indonesia mampu bersaing dengan universitas dari negeri-negeri lainnya.




0 komentar: